Agen Bola
Agen Bola

Awak Media Jajal Mobilio di Yogyakarta

6th February 2014 | Cat: teknologi | 436 Views | No Comments

Headline

, Yogyakarta – Setelah resmi meluncur pada Januari lalu, kini giliran awak media mendapat kesempatan untuk merasakan performa Mobilio, mobil terbaru di segmen low MPV.



Kota Yogyakarta dipilih sebagai tempat untuk melakukan sesi test drive untuk para jurnalis pada 4-5 Februari 2014. Pihak Honda Prospect Motor (HPM), selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia, memilih Yogyakarta karena kota ini dianggap bisa mewakili kota-kota besar lainnya di Indonesia.



Menurut Corporate Communications Manager HPM Yosep Swasono Agus, potensi pasar kendaraan di Yogyakarta dan daerah lain di Jawa Tengah diharapkan dapat mendorong pertumbuhan penjualan mobil yang berada di segmen ‘gemuk’ low MPV ini.



“Kami pilih Yogyakarta yang dapat mewakili daerah lain di Jawa Tengah untuk kegiatan test drive Honda Mobilio dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan penjualannya mencapai lebih dari yang telah terpesan 10.000 unit,” ujar Yosep di sela-sela test drive Mobilio di Yogyakarta.



“Berbeda dengan Jakarta dan Bandung, yang relatif macet dan jalannya berlubang, Yogyakarta memiliki jalan yang bervariasi. Anda bisa merasakan menanjak, menurun maupun tikungan,” imbuhnya.

Begitu tiba di Bandara Internasional Adisucipto, Yogyakarta, para jurnalis langsung disambut dengan 21 unit Mobilio yang siap diajak berkeliling Yogyakarta selama dua hari.



Seluruh Mobilio yang disediakan terdiri dari tiga tipe, yakni E M/T, E CVT, dan E CVT Prestige. berkesempatan mengendarai Mobilio dengan tipe E CVT Prestige.



Varian tertinggi dari Mobilio yang dibanderol seharga Rp198 juta ini terasa nyaman dikendarai. Dengan transmisi otomatis berteknologi Continuously Variable Transmission (CVT), perpindahan transmisi gigi terasa lebih halus dan nyaris tanpa hentakan.



Seperti mobil-mobil Honda lainnya, Mobilio juga sudah dilengkapi dengan indikator ECO yang memiliki fungsi mendeteksi mengenai bagaimana cara mengemudi yang hemat bahan bakar.



Tampilan dashboard terlihat atraktif dengan cluster meter sporty yang didesain secara eye catching sehingga dapat memberikan informasi yang mudah kepada pengemudi. Pada bagian itu disematkan juga layar Multi Information Display (MID) yang memberikan informasi real time konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh.



Posisi roda kemudi pun mudah disesuaikan dengan kehadiran fitur tilt streering yang bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pengemudi.



Sementara itu, kaca depan yang besar memberikan pandangan yang luas ke segala arah sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri pengemudi dan keselamatan berkendara.



Melewati berbagai kondisi jalanan kota Yogyakarta, Mobilio terasa stabil dikendarai. Dengan ground clearence 189 mm dan suspensi MacPherson Strut di bagian roda depan serta suspensi H-shape Torsion Beam di belakang, mobil ini dapat dengan nyaman melahap berbagai kondisi jalan.



Kondisi cuaca Yogyakarta yang cukup terik ternyata tidak menjadi masalah. Pasalnya, Mobilio telah dilengkapi sistem pendingin udara yang mumpuni. AC Double Blower menyebarkan aliran udara secara merata ke semua area.

Penumpang di baris kedua dan ketiga dapat menikmati perjalanan dalam atmosfir yang sejuk dan nyaman.



Kenyamanan ini juga ditunjang dengan faktor keamanan dengan dilengkapi berbagai fitur keselamatan. Mobilio telah dilengkapi dengan dual SRS Airbag (bantalan udara yang mengembang ketika terjadi benturan keras), teknologi G-CON + ACE (meredam dan menyalurkan benturan keras saat terjadi tabrakan), dan teknologi pengereman ABS + EBD.



Berkendara pun semakin tenang karena pihak produsen pun mengklaim kalau Mobilio telah melalui uji tabrak menyeluruh di fasilitas Honda Motor-Real World Crash Test.



Pertama kali diperkenalkan di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, September 2013, Mobilio dilengkapi dengan mesin SOHC i-VTEC berkapasitas 1.500cc. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 118 PS pada putaran 6.600 rpm dengan torsi maksimal 144 Nm di 4.800 rpm.



Terdapat tujuh pilihan warna untuk Mobilio ini, yaitu Blue Dyno Pearl, Lonize Bronze Metallic, Briliant Gold Metallic, Taffeta White, Polish Metal Metallic, Crystal Black Pearl, dan Alabaster Silver Metallic.



Dibanderol dengan rentang harga Rp159,5 juta hingga Rp198 juta, Honda menargetkan penjualan Mobilio mencapai 80 ribu unit untuk tahun ini.

Mobil besutan Honda ini akan langsung bersaing dengan kompetitornya sepertinya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, dan Mazda VX-1.



Sanggupkah Mobilio bersaing dengan para kompetitornya di pasar ‘gemuk’ otomotif Tanah Air? Kita nantikan saja pembuktiannya.