Agen Bola
Agen Bola

Headline

, London – Sejumlah model mobil paling populer hasil produksi pabrik India gagal ketika menjalani uji coba kecelakaan oleh badan keselamatan independen, Global NCAP.



Global NCAP yang berbasis di Inggris menemukan tingkat keselamatan lima model kecil 20 tahun di belakang mobil yang dijual di Eropa dan Amerika Utara.



“Masalah di India adalah mereka tidak memiliki standar uji kecelakaan yang baik. Tidak mengherankan kalau banyak kendaraan tidak lulus uji keselamatan,” kata David Ward dari NCAP Global, seperti dilansir BBC.



Di antara mobil yang gagal tes kecelakaan ini adalah mobil termurah di dunia Tata Nano, dan beberapa model dari merek Ford, Volkswagen, dan Hyundai.



Semuanya diproduksi di India dan berbagai fitur keselamatan ditiadakan untuk menekan harga jual di pasar dalam negeri yang berkembang pesat, antara lain berkat kenaikan tajam kelas menengah.



Fitur yang biasanya dihilangkan adalah sistem airbags dan sabuk pengaman untuk kursi penumpang.

Pada 2013 lalu India memproduksi 3,2 juta mobil. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari produksi mobil di negara itu pada 2008.



Sekitar 80% mobil yang dijual di India bisa dibeli seharga US$8.000 atau sekitar Rp98 juta. Jadi tak mengherankan apabila angka kecelakaan di jalan-jalan di India tertinggi di dunia. [mor]