Agen Bola
Agen Bola

Inilah Tampang Mobil-mobil Formula Satu 2014

27th January 2014 | Cat: olahraga | 341 Views | No Comments

Headline

, Jakarta – Selain perubahan regulasi mesin yang memaksa tim-tim Formula 1 mengubah rancangan secara radikal, regulasi rancang bodi mobil juga cukup memusingkan peserta.

Regulasi 2014 mengharuskan mobil peserta Formula 1 musim ini mengharuskan penggunaan moncong/hidung mobil yang lebih rendah dan lebih sempit daripada tahun tahun sebelumnya dan berpusat pada satu ujung (single nose tip). Tujuannya adalah meningkatkan faktor keamanan, agar mobil tidak terangkat saat terjadi kecelakaan.

Ujung hidung mobil tidak boleh lebih tinggi dari 185mm di atas tanah. Sebelumnya, sejak tahun 2012, ujung hidung mobil tidak boleh lebih tinggi dari 550 mm di atas tanah. Penggunaan desain moncong seperti tahun lalu sepenuhnya dilarang.

Karena itu, jangan heran jika musim depan tampilan mobil Formula 1 akan dihiasi bentuk ‘belalai gajah’, seperti yang digunakan Ferrari, atau ‘ujung jari’, seperti Williams, McLaren dan beberapa tim lainnya.

Beberapa menggunakan desain lain, seperti desain ‘hidung belah’ yang digunakan Lotus pada mobil E22.

Tantangan desain moncong seperti ini, menurut pengamat Formula 1 Craig Scarborough, adalah membuat bagian bawah mobil bebas hambatan agar udara bisa mengalir lebih leluasa ke difuser.

Perubahan bentuk moncong ini membuat para desainer berpikir ulang soal aerodinamika. Saat moncong terletak pada bagian yang lebih tinggi, para desainer membuatnya menjadi lebih lebar agar udara bisa dialirkan ke bawah.

Namun jika moncong terletak di bagian yang rendah, maka yang terjadi sebaliknya. Moncong lebar justru akan menjadi hambatan.

SEBELUMNYA BERIKUTNYA

1. Williams


HIGHLIGHTS NEWS LAINNYA

  • Inilah ‘The Next Michael Jordan’ Sejati