Agen Bola
Agen Bola

Mobil Porsche Pertama Ternyata Mobil Listrik

30th January 2014 | Cat: teknologi | 334 Views | No Comments

Headline

, Stuttgart – Nama Porsche identik dengan mobil sport berperforma tinggi, tetapi siapa yang menyangka jika mobil pertama mereka adalah sebuah mobil listrik?



Mobil pertama Porsche disebut Egger-Lohner, C.2 Phaeton yang ditemukan di sebuah gudang. Ini adalah desain mobil yang pertama diproduksi oleh pendiri Porsche, Ferdinand Porsche.

Saat itu, Ferdinand Porsche masih berusia 22 tahun dan bekerja untuk Jakon Lohner & Comp, sebuah perusahaan yang membuat mobil mewah untuk royalti Eropa.



Mobil Porsche pertama ini dibuat pada 1898 dari campuran logam dan kayu. Wujudnya tampak lebih seperti kereta kuda daripada sebuah mobil. Di beberapa bagian mobil, banyak ditemukan ukiran ‘P1′ yang menyiratkan Porsche 1 atau mobil pertama yang dibuat Ferdinand Porsche.



Slashgear melansir,

Mengutip Slashgear, mobil listrik ini memiliki bobot 1,3 ton dan sepertiga bobotnya disumbang oleh baterai. Jarum indikatornya bahkan masih memperlihatkan sisa jarak tempuh sebelum baterai mobilnya habis.

Disebutkan bahwa dalam satu kali pengisian daya, mobil ini bisa melaju hingga sejauh 80 kilometer.



Namun, jangan bandingkan kecepatan mobil ini dengan mobil sport besutan pabrikan Jerman tersebut saat ini. Karena kecepatan maksimum mobil pertama Porsche hanya 35 km/jam saja. [ikh]