Agen Bola
Agen Bola

Headline

, Florida – Badan Antariksa AS NASA menawarkan pengembangan pendaratan di bulan. Seperti apa tawaran itu?



Reuters melansir, NASA akan menyediakan ahli teknik, peralatan, fasilitas, dan perangkat lunak secara gratis kepada perusahan-perusahaan terpilih untuk mengembangkan pendaratan di bulan lewat program barunya bernama ‘Lunar Catalyst’.



“Tujuan dari prakarsa ini untuk menstimulasi dan membantu komersialisasi,” kata Jason Crusan, pengawas program eksplorasi tingkat tinggi NASA.



Komersialisasi pendaratan di bulan ini menarik perhatian perusahaan-perusahaan AS termasuk Boeing Co dan Alliant Techsystems Inc. Keduanya bahkan telah tertarik pada jasa transportasi luar angkasa sejak dulu.



NASA telah mengirimkan kargo lewat Space Exploration Technologies (SpaceX) dan Orbital Sciences Corp ke stasiun luar angkasa internasional ISS. Jika digabungkan, kontrak NASA dengan perusahaan-perusahaan swasta ini bernilai US$3,5 juta.



Selain itu, NASA juga tertarik untuk membeli kendaraan luar angkasa secara komersil untuk para astronotnya.



Setidaknya ada tiga perusahaan, yakni SpaceX, Boeing, dan Sierra Nevada Corp, yang telah dipilih untuk mempersiapkan kendaraan luar angkasa yang akan di uji terbang sebelum akhir 2017.



Crusan menyebutkan, NASA juga sedang mengembangkan misi pertambangan di bulan dan berniat untuk bekerjasama dengan Kanada dan negara lainnya dalam pengembangan rover (kendaraan penjelajah antariksa) dan lander (kendaraan pendaratan antariksa). [ikh]