Agen Bola
Agen Bola

Headline

, Espoo – NSA dan badan serupa di Inggris disebut bekerjasama untuk mencuri data lewat aplikasi smartphone, termasuk Angry Birds. Namun, Rovio, pengembang game populer itu kemudian membantahnya.



Dokumen rahasia mengklaim aplikasi seperti Angry Birds mengirimkan semua jenis informasi pengguna melalui web. Namun, dokumen itu tidak menyebut bahwa NSA bekerja langsung dengan pembuat aplikasi.



Setelah produk populer mereka disebut terlibat, pengembang asal Finlandia itu mengeluarkan pernyataan yang menyangkal telah bekerjasama dengan organisasi mata-mata apapun.



Menurut mereka, jika jaringan periklanan juga menjadi target, maka tidak ada perangkat dengan internet yang mengunjungi situs dengan iklan atau menggunakan aplikasi dengan iklan, bisa kebal terhadap pengawasan tersebut.



“Kepercayaan pengguna adalah hal paling penting bagi kami dan privasi sangat serius bagi kami. Kami tidak berkolaborasi, berkolusi, atau berbagi data dengan agen mata-mata (apapun) di seluruh dunia,” tegas CEO Rovio, Mikael Hed, seperti dikutip MaximumPC.



“Untuk melindungi pengguna kami, seperti yang dilakukan semua perusahaan yang menggunakan jaringan iklan pihak ketiga, kami akan mengevaluasi kembali bekerja sama dengan jaringan ini, jika memang digunakan untuk tujuan memata-matai,” jelasnya.



Kabarnya, data yang dicuri NSA dapat mencakup informasi seperti umur, jenis kelamin, lokasi, dan bahkan orientasi seksual, tergantung pada aplikasi apa yang digunakan. [ikh]