Agen Bola
Agen Bola

Stephen Hawking: ‘Lubang Hitam Tidak Ada!’

27th January 2014 | Cat: teknologi | 1108 Views | No Comments

Headline

, Jakarta – Orang mengenal lubang hitam atau black hole sebagai lubang besar di luar angkasa yang menghisap segala sesuatu ke dalamnya, tetapi tidak menurut fisikawan Stephen Hawking.



Mengutip CNET, fisikawan ternama dunia Stephen Hawking memberikan definisi baru tentang lubang hitam dalam tulisan berjudul Information Preservation and Weather Forecasting for Black Holes.



Teori klasik berpendapat bahwa energi apapun tidak akan bisa lepas dari lubang hitam, tapi prinsip-prinsip kuantum fisika menyugestikan itu bisa. Kontradiksi ini memang telah menjadi pokok perdebatan antara fisikawan selama bertahun-tahun.



Dalam tulisan terbarunya, lubang hitam bukan melahap energi secara permanen, tetapi melepaskannya kembali ke alam semesta dalam bentuk yang tidak dikenali.



Selama ini lubang hitam disebut memiliki ‘event horizon’, batas terluar yang bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri dari tarikan inti gravitasinya.



Namun, Hawking menyebut ada ‘apparent horizon’, cakrawala yang bertahan dari hisapan gravitasi selama periode waktu tertentu.



“Tidak ada yang bisa lolos dari lubang hitam adalah teori klasik, tetapi teori kuantum memungkinkan energi dan informasi untuk ‘melarikan diri’ dari lubang hitam,” kata sang fisikawan.



Karya tulisannya tersebut menyimpulkan bahwa lubang hitam itu tidak ada. Meskipun pendek, tulisan Hawking ini bisa menjadi karya dan pemikiran revolusioner.



Bagi yang berminat membaca tulisannya lebih lanjut, Anda bisa mengunduhnya di tautan ini. [ikh]